Jakarta

Sunday, October 20, 2013

ADVERTISING AGENCY FULL SERVICE

Aku bekerja di salah satu perusahaan advertising di Jakarta. Dunia yang sudah aku geluti sejak tahun 2000, woow ternyata sudah 13 tahun aja, tidak terasa...

Aku sendiri belum pernah sama sekali menulis tentang dunia kerjaku selama ini, dunia yang telah memberikan aku rezeky. Beberapa teman pun pernah bertanya tentang seluk beluk dunia iklan, "sepertinya menarik, cerita dong, atau kenapa juga gak lo tulis dunia lo itu, buat menambah wawasan kami yang pingin tau dunia iklan" ucap seorang teman beberapa waktu lalu.

Oke, baiklah..aku akan coba berbagi cerita dan pengalam tentang dunia iklan. Mungkin awalnya aku akan mencoba bercerita tentang saat pertama kali akku kecemplung di dunia ini ya hahaha....

Pada tahun 2000 tepatnya tanggal 20 juni, untuk pertama kalinya aku bekerja di sebuah perusahaan "betulan" setelah lulus kuliah bulan november tahun 2000. Melalui teman sma ku yang lebih dulu bekerja disana sebagai seorang sekretaris, tapi karena dasarya dia seorang accounting, dia hanya bertahan 6 bulan, sedangkan aku (tidak menyangka) bertahan 8 tahun di kantor itu.

Pertama kali aku bekerja di sana dengan posisi Media Admin. Seorang staff administrasi pada divisi media.

Dalam perusahaan iklan full service (karena ada perusahaan iklan yg hanya melayani satu bidang saja, media/kreatif saja), ada 3 divisi yang berperan penting sebagai ujung tombak perusahaan periklanan full service, yaitu : 
1. Divisi kreatif 
Divisi ini bisa dibilang dapurnya dari perusahaan, yang berugas untuk menyiapkan materi iklan, dimulai dari ide dan konsep, desain ataupun proses pembuatan materi iklan.

2. Divisi Media
Divisi media merupakan divisi yang bertugas untuk menyiapkan strategi komunikasi suatu produk yang akan melakukan penayangan iklan. Divisi media inilah yang menjadi jembatan antara klien dan media yang akan dipilih dalam menayangkan iklan, karena divisi media lah yang lebih banyak berhubungan dengan para pihak media, baik media print, radio, televisi, online dan media luar ruang (Billboard, LED dll)

3. Divisi Client Service
Divisi ini bisa dibilang divisi marketing. Divisi ini yang menjadi jembatan antara klien dengan divisi kreatif dan media yang ada diperusahaannya. Divisi ini juga menyiapkan strategi marketing secara keseluruhan.


Itulah gambaran kecil dari dunia advertising. Insya اَللّهُ tiap hari nya, aku akan mengupas masing-masing divisi. Pembahasan divisi kreatif dan client service mungkin tidak sedetail divisi media, karena aku sendiri merupakan salah satu staff dari divisi media. Tapi saya akan mencoba untuk membahas sedetail mungkin.

Jakarta, 20 okt'13, 14:38, berada di tengah lautan snack ini sungguh menggoda iman huufftt..

No comments:

Post a Comment