Jakarta

Wednesday, October 9, 2013

HIDUP ADALAH PERJUANGAN

Setiap hari Selasa dan Jum'at adalah jadwal aku dan keluarga ku belajar mengaji. Memanggil guru mengaji (Ustadzah) di rumah salah satu bukle ku. Aku, mama, bukle dan sepupu-sepupu. Oh iya, ada 2 orang tetangga yang ikut bergabung.

Semalam, akhirnya aku bisa keluar kantor tepat waktu, pukul 17.30. Karena ada 1 permintaan klien yang (alhamdulillah) akhinya bisa di tangani oleh junior ku.

Setelah selesai membaca tajwid, kami tidak langsung membaca doa penutup, karena salah satu sepupu (akhirnya) baru datang dari kantor. Dan dia pun langsung membaca Al - Qur'an.

Setelah membaca doa penutup, maka tibalah saatnya menyantap hidangan. Jeng...jeeeeng...wah soto ayam... (Hmm dilema nih, aku kan sedang diet, hati ku mulai bimbang) Biasanya bukle ku memang selalu menyiapkan hidangan untuk kami. Untungnya ini hanya soto ayam, kadang ada nasi uduk bumbu kacang hmm nyam nyam...kalo nasi biasanya aku mundur teratur hehehe...

Sambil menikmati santapan, kami ngobrol-ngobrol. "Aduuuhh sudah jam 9 aja yah, cepet banget" keluh sepupu ku tiba-tiba. Lalu ibunya menjawab sambil mengusap pundaknya "besok jam 4 pagi sudah harus bangun lagi ya nduk".  Spontan aku bertanya "memang masuk kerja jam berapa? Kok pagi banget bangunnya?". "Jam setengah 6 teh, masuk jam 7. Tapi jam 6 juga biasanya sudah rame. Soalnya ada target tiap hari untuk input datanya". Sepupu ku itu memang bertugas sebagai penginput data di sebuah perusahaan kartu kredit di bilangan Jakarta Selatan.

"Sabar ya neng" hibur mama ku. Lalu aku pun mencoba memberi semangat kepadanya. "Iya non, sabar yah, hidup adalah perjuangan. Dulu, saat awal teteh masuk dunia kerja, teteh juga ngalamin kok masa-masa sulit dan ngerasain cari uang untuk makan itu benar-benar perjuangan. Dari mulai dapet gaji hanya Rp 250rb, padahal sudah jadi sarjana. Lalu pernah gak di gaji 2 bulan, terus hampir masuk kerja di sarang togel. Saat itu mau ketawa juga, dan sedih juga. Kok ya penuh perjuangan banget ya cari rezeky. Akhirnya tahun 2000 dapet kerja di perusahaan advertising yang lumayan sedang berkembang, walaupun sebelum kerja disitu, teteh sempet sakit, karena stress kayaknya hahaha ..‎​​​‎​, tapi jadi sadar, sakit itu membawa hikmah yaitu akhirnya teteh dapet kerja"

Lalu sepupuku berkomentar tentang pengalamanku tadi "tapi kan teteh kerja nya enak sekarang". Sambil tertawa aku pun menjawab "eh jangan sedih, siapa bilang setelah dapet kerja di Larisa (kantor pertamaku) hidup teteh enak? Dulu di larisa awalnya gaji teteh hanya Rp 500rb lho (UMR untuk S1 minimal 1 jt saat itu), karena teteh anggap itu awal dari belajar kerja, ya teteh ambil. Pulang kantor selalu jam 9 malam, dan pernah 2 hari gak pulang. Suka nangis sendiri, kalo lagi dalam kondisi penat dan semangat turun. Tapi teteh anggap kerja itu adalah salah satu ibadah, biar ringan jalaninnya. Semua ada masa nya non, ada prosesnya. Teteh berada dalam tahap sekarang bukan instan, tapi melewati proses perjuangan. Mungkin orang melihat teteh sekarang sudah enak, alhamdulillah teteh bersyukur, tapi mereka gak tau aja perjuangan teteh dulu. Nanti kamu juga akan ada di tahap itu non, sabar aja, jalani dengan sabar dan ikhlas ya, Insya Allah kedepannya semua akan berjalan dengan mulus. Walau hidup akan selalu bejuang. Semangat yaah...fightiiing...(Sambil mengankat tangan adik sepupuku ke atas)". Di luar dugaan semua tepuk tangan dan tertawa, aku lihat sepupu ku meneteskan airmata, lalu ku peluk dia, daaaaan nangis juga gue hahaha..‎​​​‎​.

Pembicaraan kami di tutup oleh ibu Ustadzah yang mengajak kami untuk membaca surat Al Fatihah agar Allah SWT memudahkan urusan kami dan diberi kelancaran, kesabaran dan kemudahan dalam menghadapi masalah yang ada dalam hidup kami masing-masing , aamiin

Jakarta, 9 okt'13, 10:02, rabu semangat, let's happy working 

No comments:

Post a Comment