Jakarta

Wednesday, October 2, 2013

BILLING OH BILLING

Hadeeeh ada email masuk ke inbox email kantor nih. Aku memang membuat email kantor nge-link ke ponselku, karena jika aku sedang tidak di kantor, aku tetap bisa menjawab email-email yg memang yang harus segera di jawab.

Email tersebut dari salah satu stasiun TV besar di Indonesia. Tentang penawaran Liputan Haji. Mereka merevisi penawarannya dengan beberapa perubahan yang "katanya" sudah atas persetujuan klien ku. Dan mereka minta aku menawarkan ke klien ku lagi.

Sebenernya yah, aku males banget untuk menawarkan lagi ke klienku. Karena perlakuan salah satu atasan TV itu, yang menyalahkan kami sebagai advertising agency dari klien kami yang "katanya" lama menawarkan ke klien ku itu. "Kalo agency gak mau repot, biar sini kami yang kerjakan" katanya. "Iiih.. Memang nya dia tau apa tentang kondisi internal kami dengan klien, bagaimana kami day to day menghadapi klien, bagaimana budget yang dimiliki klien kami, sotoy deh..ckckck" komentarku ketika atasan ku menceritakan kepada semua tim.

Oh iya, sebelumnya klien kami menolak penawaran itu, dengan alasan kloter jemaah haji yang sudah mendekati kloter terakhir. Apalagi klien ku tidak punya TVC, walaupun gratis dibuatkan oleh TV itu, pasti perlu proses pembuatan TVC yg memakan waktu lama.

Sebelumnya, salah satu TV yg juga masih sister company TV di atas juga mengecewakan. Pada saat klien minta penawarannya ditambahkan benefitnya, aku teelepon ke TV itu, tapi mereka bilang tidak bisa tambah. Lalu aku bilang, nanti kalo klien yang telepon, awas ya kalo akhirnya bisa nambah lagi. "Enggak kok yun, tenang aja" marketingnya bilang. Tapi gak lama ada email yang menyatakan ada penambahan benefit, karena ada klien yang telepon langsung ke orang yang tadi aku telepon. "Iiih menyebalkan, mau buat nama kantorku jelek ya, terkesan gak becus minta tambahan benefit".

Hadeehh.. All of company in that group itu memang rada-rada. Sebelumnya klien ku juga pernah bilang, "tadinya kita mau ambil sih penawaran itu, tapi mereka maksa-maksa gitu, jadi males deh Hahaha"....​​​​ see... kita memang butuh billing, tapi gak gitu juga sih caranya, harus elegan dan tidak membuat kesan memaksa, dan tetap mematuhi kode etik, dan saling menghargai.

Jakarta, 2 okt'13, 20:35, kepala mendadak pusing dan kaki bengkak

No comments:

Post a Comment