Jakarta

Tuesday, October 22, 2013

DUNIA FUNKY... YA... DUNIA KREATIF

Seperti janji ku kemarin, saya akan mencoba untuk melanjutkan sharing tentang dunia iklan. Kali ini saya akan mencoba mengupas tentang dunia kreatif, yang saya ketahui sebagian kecil.


Divisi kreatif sangat penting dalam perusahaan advertising. Banyak yang bilang divisi kreatif adalah dapur dari perusaah tersebut, tanpa mengecilkan divisi yang lain, divisi kreatif adalah ujung tombak suatu perusahaan iklan.
Karena jika ide, konsep dan desain yang dibuat oleh divisi kreatif disetujui oleh klien, maka biasanya di ikuti oleh penayangan iklan nya akan di tangani oleh perusahaan iklan yang sama.
Pembuatan materi iklannya pun beragam, dari materi TVC, print ad, radio dan media luar ruang seperti billboard.

Proses pembuatan materi iklan di awali oleh penerimaan brief dari tim client service atau langsung dari klien. Selanjutnya, akan ada proses pencarian ide dalam diskusi internal  yang disebut "brain storming" masing-masing individu dipersilahkan mengeluarkan ide-ide untuk dijadikan konsep.

Setelah ide dan konsep disetujui internal, tahap selanjutnya proses pembuatan desain untuk materi print, storyboard untuk materi TVC dan script untuk materi iklan radio.
Tidak jarang, klien meminta presentasi materi-materi iklan tersebut harus disertai dummy. Misalnya materi TVC dibuat secara animasi terlebih dahulu disertai audionya.
Kemudian materi radio juga sudah berupa dummy materi iklan dengan suara non profesional. Setelah semua siap barulah presentasi besar didepan klien.

Selanjutnya, setelah semua konsep dan desain materi iklan disetujui, mulailah pembuatan " the real advertising material"

Untuk materi tvc, biasanya akan di mulai dengan pemilihan model iklan, yang kadang melalui manajemen artis atau model agency. Sambil jalan, mulai dilakukan pitching production house. Setelah semua oke, maka proses syuting pun dapat segera dimulai. Dipimpin oleh sutradara dan DOP (director of photography).
 Setelah syuting selesai, akan ada prosen online dan offline yaitu memilih gambar yang akan digunakan dari stockshoot yang ada, serta proses penyatuan gambar, dan penyempurnaan kualitas gambar. Setelah itu ada proses mixing yaitu pengisian suara. Selanjutnya setelah disetuji klien, proses penggandaan materi iklan dalam bentuk betacamp SP.  Karena stasiun TV hanya menerima materi iklan dalam bentuk betacamp. Pengiriman materi iklan harus disertai dengan Surat Tanda Lulus Sensor yang dikeluarkan oleh Lembaga Sensor Film.
Biasanya STLS ini akan di urus oleh PH (tapi aku juga biasa urus STLS, sdh punya channel di sana :p). Durasi iklan biasanya berdurasi 60 detik, 30 detik, 15 detik dan 5 detik. Lalu pembuatan Running Text dan super impose untuk pembelian sponsorship.

Selanjutnya pembuatan materi iklan print. Setalah desain di setujui, bila mengunakkan model, akan dilakukan pemotretan. Setelah desain selesai di buat lengkap dengan headcopy dan body copy, akan dilakukan proses DI (nah ini kepanjangan apa yah? Lupa) yang bertujuan memperbaiki segi kualitas gambar, misalnya menghilangkan urat-urat yang terlihat pada bagian tubuh model, setelah itu masuk ke proses FA (final art) lalu selanjutnya materi iklan disesuaikan dengan ukuran media placemen, 1 hal kah, setengah halaman kah atau junior page dan mungkin quarter page.  Setelah sudah sesuai dengan ukuran iklan, baru lah materi iklan dikirim kepada media print. Pengiriman iklan saat ini pun lbh simple dan mudah. Cukup kirim via internet.
Tidak seperti dulu harus melalui proofprint yaitu materi iklan yang sudah dicetak.

Materi iklan radio commercial. prosesnya di awali dengan approval script oleh klien, lalu memilih talent pengisi suara dilanjutkan dengan proses recording. adio commercial berdurasi 60 detik. Materi iklan juga dapat diproduksi  oleh radio. Dan biasanya lebih murah harganya, talent nya menggunakan penyiar radio, tapi jika penyiar radio nya adalah selebritis juga seperti Ronal, Tike, Farhan dan Asri welas, biasanya ada fee tambahan untuk mereka. Lalu ada juga materi iklan yang bernama adlibs. Pihak klien hanya menyediakan script yang akan dibacakan oleh penyiarnya secara langsung. Biasanya adlips banyak dipilih karena lebih fleksibel dan dibawakan oleh penyiar radio dengan gaya yang sesuai dengan segment radio nya masing-masing.

Dalam divisi kreatif terdapat beberapa orang yang memegang peranan penting. Dipimpin oleh seorang Creative Director, ada seorang Art Director yang biasanya bertugas membuat desain gambar, lalu ada copy writer yang bertugas sebagai pembuat kata-kata, tegline untuk digunakan dalam meteri iklan.

Itulah sekelumit tentang proses kerja divisi kreatif. Tapi sesuai perkembangan jaman divisi kreatif tidak lagi hanya menjadi suatu divisi di sebuah perusahaan iklan full service. Saat ini ada perusahaan iklan yang hanya menangani bidang kreatif, hanya melayani pembuatan materi iklan, yang biasa di sebut "Butik kreatif"
Divisi kreatif sangat terkenal dengan dunia fungky, orang-orang kreatif biasanya asik-asik, suka guyon dan easy going. Karena mereka biasanya orang-orang dari kalangan seniman, yang kerjanya berkaitan dengan seni dan otaknya dipenuhi oleh ide-ide cemerlang.

Beda dengan divisi ku yang selalu berkutat dengan angka dan dunia statistic, biasanya kalo lagi stress ngobrol aja sama anak kreatif, setelah itu pasti fresh lagi, dan siap melanjutkan pekerjaan dan berkutat dengan angka-angka.

Dalam dunia kreatif, ada ajang penghargaan untuk insan kreatif, yang merupakan ajang bergengsi dalam dunia iklan, karena akan dipilih iklan terbaik setiap tahunnya. Ajang tersebut adalah "Citra Pariwara"
Untuk itu, orang-orang kreatif akan berusaha keras untuk mengejar piala itu. Perusahaan tembat bekerja aku sekarang, juga pernah mendapat penghargaan itu, pada tahun....

Oke, sharing tentang dunia kreatif cukup sekian, semoga dapat menambah wawasan kalian yang sudah mampir ke blog aku.

Jakarta, 22 Okt'13, 11:54, time to maksiiiiii.....

No comments:

Post a Comment