Jakarta

Wednesday, October 23, 2013

YANG JAGO PRESENTASI, PASTINYA CLIENT SERVICE

Hari ini, aku melanjutkan sharing tentang dunia iklan, tapi kali ini aku tidak urut membicarakan divisi media terlebih dahulu, seperti urutan di tulisan ku "Advertising Agency Full Service"

Kali ini aku akan mengulas divisi client service (Selanjutnya kita sebut CS yah, biar gak kepanjangan :p). Divisi CS merupakan penghubung antara pihak klien dengan divisi kreatif dan media. Pihak CS akan menjembatani keinginan klien dalam mempromosikan produk-produk nya. CS lah yang biasanya akan merima brief sebelum proses penayangan iklan.

Proses awalnya, CS akan membuat strategy marketing nya. Dari mempelajari produk secara menyeluruh,  pergerakan kompetitor, dan kadang membuat riset yang berkaitan dengan produk klien.

Karena CS adalah frontline, aku rasa...sebaiknya CS juga membekali ilmu dasar bidang kreatif dan media, walau tidak terlalu detail sepertt dunia CS, karena secara garis besar klien pasti bertanya kepada CS lebih dahulu. Barulah nanti jika ada presentasi besar secara keseluruhan, tim kreatif dan media harus hadir.

CS juga sebaiknya mengetahui schedule pekerjaan yang sedang dilakukan oleh tim kreatif dan media, apakah tim nya sedang overload atau tidak? Jadi apabila klien menentukan deadline atas suatu pekerjaan, tim CS dapat memberi masukan kepada klien atas waktu deadline yang harus dipenuhi, kapan tim kreatif dan media dapat menyerahkan tugas kepada klien, yaaah setidaknya mencoba bernegoisasi (gak akan tau hasilnya kan, bila kita tdk mencoba

Divisi CS biasanya akan diberikan target billing oleh perusahaan, dan akan ada reward serta punishment tentunya, bila mereka dapat atau tidak memenuhi target billng tersebut. Dalam divisi marketing, selain tim CS ada juga didalamnya tim NBD (New Bussines Development) yang tugas nya berbeda dengan tim CS. Kalo tim CS bertugas untuk maintenance klien yang sudah ada, sedangkan NBD bertugas untuk mencari klien baru.

Tim CS beranggotakan beberapa anak merketing, di dunia advertising biasa disebut AE (account executive), lalu tingkatannya account manager dan atasannya account director. Dalam perusahaan iklan biasanya memiliki beberapa klien, dan tim CS biasanya dibuat beberapa tim, dan akan di pimpin oleh seorang Group Head. Tingkatan Group Head, ada di bawah kepemimpinan account director tapi di atas account manager.

Tidak seperti divisi Kreatif dan Media, tidak ada perusahaan iklan yang hanya terdiri dari Divisi Client Service saja. Biasanya Client service harus tetap ada di perusahaan iklan yang hanya sebagai "Butik Kreatif" dan "Media Specialist". Tapi Peranan tim Clien Service sangatlah, karena biasanya yang jago presentasi adalah orang-orang dari tim Marketing/Client Service. Dalam dunia periklan, jarang sekali ditemukan seorang pemimpin perusahaan dari kalangan Kreatif atau Media, kalaupun ada sangatlah jarang.

Jakarta, 23 Okt'13. 19:09, Still in office, Menanti hujan reda....dingiiiiinnnn.....bbbrrrr....

No comments:

Post a Comment